Panduan Porsi Makan Sehat Jaga Gula Darah Stabil Usai Lebaran

Read Time:45 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Farid Kurniawan menjelaskan pedoman porsi makan sehat untuk menjaga gula darah tetap stabil setelah lebaran.

 

Panduan ini merupakan panduan yang sesuai dengan “Panduan Piring” yang dikemukakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

 

“Setengah porsi sayur dan buah, seperempat protein, dan seperempat karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, dan lain-lain. Itu cara yang paling mudah,” ujarnya dalam diskusi diabetes pasca Idul Fitri yang disaksikan secara online di Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

 

Farid menjelaskan, buah-buahan dalam porsi ini bisa menjadi buah-buahan rendah kalori dan rendah indeks glikemik, seperti pir, apel, dan jeruk. Kemudian untuk jenis proteinnya hanya bisa menggunakan telur rebus atau putih telur saja agar terhindar dari kolesterol.

 

“Yogurt, almond, dan kacang edamame bisa menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah,” ujarnya.

Sementara itu kue kering…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tarif KRL Jadi Naik pada 2024? Ini Bocorannya
Next post Segini Harga Interkom Branded Termurah di Pameran IIMS 2024