Tarif KRL Jadi Naik pada 2024? Ini Bocorannya

Read Time:3 Minute, 51 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Rencana kenaikan tarif jalur penumpang KRL masih terus berjalan. Rencana kenaikan harga KRL disebut masih dalam pertimbangan pemerintah.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter pun buka suara dalam rencana kenaikan tarif ini. Direktur Operasional dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal mengatakan, permasalahan tarif KRL berada di tangan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Seperti diketahui, rencana kenaikan harga KRL sudah dilakukan sejak tahun lalu. Namun, tidak jelas kapan tarif tersebut akan berlaku.

“Rencananya kemarin, itu kebijakan pemerintah, kami hanya pelaksana melaksanakan apa yang diputuskan pemerintah,” kata Broer usai konferensi pers Angkutan Darat 2024 di Jakarta, Selasa (23/04/2024).

Diakuinya, kenaikan harga sudah dibicarakan. Namun, dia tidak banyak bicara tentang keadaan terkininya.  “Usulan dan pembahasannya sudah dilakukan kemarin,” ujarnya.

Dia hanya membenarkan, harga tiket KRL belum dilakukan. “Sekali lagi, belum diputuskan apakah bisa dilaksanakan,” tegas Broer. Rencana kenaikan nilai KRL

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter masih menunggu pihak pengelola, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait perpanjangan jalur layanan KRL Jabodetabek.

CEO KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan pihaknya, operator KRL Jabodetabek, masih menunggu instruksi direktur mengenai kenaikan tarif. Meski demikian, dia tak memungkiri harga KRL Jabodetabek kembali mengalami kenaikan sejak tahun 2016.

Nanti kenaikan tarifnya akan diputuskan pemerintah. Ada kenaikan ya. Tunggu tanggal resminya, kata Asdo di Kantor Perhubungan KAI, Jakarta, Kamis (11/1/2024).

 

 

“Masih dalam tahap monitoring karena kami hanya operator. Sistem kami akan mengikuti regulator karena kami PSO (public service obligat) kalau pemerintah memutuskan,” imbuhnya.

Saat ditanya mengenai nilai finansial tarif yang berlaku saat ini, dia belum bisa memastikan karena pengoperasian KRL merupakan tugas pemerintah.

Artinya seluruh biaya operasional ditanggung pemerintah. Jadi KCI mengoperasikan kereta pemerintah sebagai operasionalnya. Jadi pendanaannya, termasuk biaya pemeliharaan infrastruktur dan margin 10 persen, adalah skema PSO, jelasnya.

Jadi kita tidak khawatir, kalau kita mau bangkit, bangkit, maka kita juga akan digantikan oleh pemerintah, tegas Asdo. Sistem pendukung transfer

Selain isu kenaikan harga, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memulai penerapan rencana pertukaran di mana kelompok kaya membayar tiket ekonomi untuk mendukung kelompok kurang mampu.

Induk KCI, PT KAI (Persero) masih menunggu hasil negosiasi dengan otoritas regulasi Kementerian Perhubungan. “Kami sebagai operator belum mengambil keputusan, kami masih berbicara dengan Kementerian Perhubungan,” kata Direktur PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo kepada gospelangolano.com beberapa waktu lalu.

Dalam pertanyaan lanjutan, dia enggan membahas proses klasifikasi harga KRL. “Masih dalam penyelidikan,” ujarnya singkat.

 

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menjalin kerja sama dengan perusahaan Jepang JRTM. Anak usaha KAI melakukan kerja sama pengadaan material perawatan kapal KRL.

Hal ini tertuang dalam perjanjian kerja sama (MoU 2024-2027.

Asdo Artriviyanto, Direktur KAI Commuter, mengatakan kemitraan yang saling menguntungkan ini akan terus mendukung kelancaran layanan kereta api di masa depan, khususnya di wilayah Jabodetabek. 

“Selama lima tahun terakhir, PT KCI terus menjalin kerja sama dengan Jepang dalam pembelian suku cadang, peningkatan kualitas pekerja dan lain-lain untuk mendukung kereta KRL beroperasi dengan baik di Indonesia,” kata Asdo dalam keterangan resmi. pada Rabu (13/3/2024).

Total nilai investasi perjanjian kerja sama LTPA yang ditandatangani pada tahun 2024-2027 adalah sekitar Rp734 miliar. 

Nilai pendanaan umum dari kemitraan LTPA ini adalah untuk menjamin ketersediaan peralatan pemeliharaan dan perbaikan fasilitas KRL agar dapat lebih melayani kebutuhan operasional layanan penumpang KAI selama tiga tahun ke depan, tambah Asdo.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama LTPA untuk pengadaan peralatan KRL, KAI Commuter juga menandatangani letter of Intent dengan JRTM Jepang yang berisi:

– Memperpanjang umur teknis seri JR 205 dengan program regenerasi;

– Promosi dan kerjasama dalam pemeliharaan dan pengelolaan layanan sumber daya;

– Pelatihan dan transfer pengetahuan untuk mendukung dan mempersiapkan pelaksanaan revitalisasi balai;

– pertukaran pakar;

– Penyediaan komponen keamanan informasi dan pengelolaan sumber daya;

– Bagian terkait lainnya.

 

 

Sebelum penandatanganan, KAI Commuter juga mengunjungi Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang bersama Athub KBRI untuk membangun hubungan baik dan kerja sama dalam pengembangan layanan transportasi KAI di masa depan. Selain itu, KAI Commuter juga mengunjungi KBRI Jepang untuk melaporkan kerja sama tersebut.

PT KCI sebagai operator jalur penumpang saat ini rata-rata mengangkut dan melayani lebih dari satu juta pengguna per hari di seluruh wilayah operasinya. PT KCI terus berupaya memberikan layanan terbaik dengan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menciptakan ekosistem transportasi perkotaan terbaik di Indonesia yang memungkinkan masyarakat berorganisasi.

Vice President KAI Commuter Anne Purba juga mengatakan, KAI Commuter terus membuka kerja sama dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak guna meningkatkan layanan bagi penggunanya. 

“Pengembangan angkutan umum seperti KRL harus dilanjutkan untuk mencapai target lebih dari 2 juta setiap hari. KAI Commuter juga harus siap mengembangkan layanan di luar Jabodetabek dan mendorong pemerintah untuk menerapkan elektrifikasi di berbagai wilayah di Indonesia. .” kata Anne. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Panduan Porsi Makan Sehat Jaga Gula Darah Stabil Usai Lebaran