Mandiri Digipreneur Hub Perkuat Digitalisasi dan Pengelolaan Keuangan UMKM

Read Time:3 Minute, 1 Second

gospelangolano.com – Sebagai lembaga pembangunan, Bank Mandiri berkomitmen meningkatkan potensi kewirausahaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu langkah yang dilakukan bank bernama BMRI Saham itu adalah memulihkan inkubasi bisnis kepada UMKM melalui inisiatif Mandiri Digipreneur Hub (MDH).

Wakil Direktur Bank Mandiri Alexandra Askander berharap MDH dapat membantu transformasi digital dan meningkatkan pengelolaan keuangan UMKM. Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2022, lebih dari 600 pelaku UMKM dari berbagai sektor seperti fashion, FnB, kerajinan tangan, jasa dan lainnya telah berpartisipasi dalam inisiatif MDH.

Untuk bergabung di UMKM binaan Mandiri, UMKM harus memiliki aplikasi Livin’ by Mandiri dan Livin’ Merchant by Mandiri. Kedua aplikasi ini bertujuan untuk mendorong UMKM meningkatkan transaksi digital menggunakan QRIS.

Penerima MBA Boston University ini mengatakan, MDH merupakan kontribusi nyata Bank Mandiri dalam mendorong pembangunan perekonomian bangsa. Program pengembangan usaha ini diharapkan dapat meningkatkan akses pembiayaan pada masyarakat.

“Melalui MDH, Bank Mandiri ingin berperan dalam meningkatkan kewirausahaan digital UMKM, agar dapat tumbuh secara efisien dan berkelanjutan. Selain itu juga memberikan peluang untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan menciptakan hal-hal baru,” kata Alexandra. siapa yang akan menjabat pada tahun 2021. Sejak saat itu, ia menjabat sebagai Ketua Umum Forum Rakyat Indonesia Kementerian BUMN.

Ia menambahkan, MDH memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi. Mandiri Digipreneur Hub juga memberikan dukungan akses pembiayaan dalam bentuk pembiayaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Usaha Mikro (KUM) dan lain-lain.

“Dengan memberikan KUR atau KUM, Bank Mandiri melalui MDH juga mengajarkan kepada UMKM bagaimana mengelola uang sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan uang untuk mengembangkan usahanya,” jelas wanita yang unggul dalam mengelola departemen bisnis perbankan dan kemudian dengan Bank. Mandiri. . Dia ditugaskan di sini sebagai Wakil Kepala Eksekutif.

Tak hanya itu, MDH juga memberikan pendampingan pengurusan izin usaha. Hal ini dilakukan dalam kemitraan dengan INAmikro untuk menghasilkan nomor identifikasi bisnis gratis.

Untuk menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan, MDH membantu UMKM untuk mendapatkan sertifikasi lingkungan seperti ISO 14001. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa karena sadar lingkungan.

Pelatihan juga tersedia di bidang lain seperti pemasaran produk, pengemasan, perencanaan keuangan dan pengembangan bisnis.

Pembenihan komersial ini telah membuahkan hasil. Salah satu mitra MDH, Ngopi Serius, bergabung pada awal tahun 2023. Pelaku usaha kopi ini mendapatkan pelatihan hukum bisnis, pemasaran digital, pembuatan profil bisnis, dan penggunaan platform e-commerce.

Setelah merger, Ngopi Serius melaporkan peningkatan pendapatan karena peningkatan pesanan dari pelanggan umum serta departemen pemerintah dan perusahaan. Bisnis kopi jenis ini sudah masuk ke pasar tanah air dengan produknya yang sudah lebih matang.

Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) Center Bank Mandiri Dadang Suryadi menambahkan MDH siap mendorong UMKM dimanapun jika pelaku yang memenuhi syarat bersedia mengikuti pelatihan tersebut. Instalasi bisnis ini diselenggarakan di sekitar Solo Raya (Solo, Boyolali, Sregen dan Wonogiri), khususnya Solo.

“Saat ini Bank Mandiri melalui MDH sedang bekerja sama dengan instansi pemerintah lainnya untuk meluncurkan inisiatif tersebut,” ujar Kementerian Koperasi dan UMKM, Dinas Komunikasi dan Informatika, Solo Technopark, dan komunitas UMKM di Solo.

Ia mengatakan MDH merupakan salah satu inisiatif Bank Mandir untuk menciptakan model bisnis yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan. Bank Mandiri berdedikasi untuk meningkatkan akses keuangan kepada kelompok masyarakat yang kurang terlayani (expected group) seperti masyarakat yang berasal dari komunitas 3T (terancam, kurang mampu, dan terpinggirkan) atau kurang mampu.

Komitmen ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi Bank Mandiri sebagai “Indonesia Sustainable Champion”. Inisiatif Mandiri Digipreneur Hub merupakan bagian dari implementasi pedoman Environmental, Social and Governance (ESG) Bank Mandiri, khususnya pada pilar keberlanjutan di luar perbankan. Eric Thohir merombak jajaran direksi Perum Perhutani Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Eric Thohir telah merombak jajaran direksi Perum Perhutani. gospelangolano.com.co.id pada 5 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan
Next post Honda Daftarkan Sepeda Motor Baru di Indonesia