Jangan Asal Gunakan Antibiotik Saat Alami Flu Singapura

Read Time:1 Minute, 26 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Dokter spesialis anak Rumah Sakit Sipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Nina Twi Putri mengimbau para orang tua untuk tidak hanya memberikan antibiotik atau antivirus kepada anaknya ketika sedang menderita flu Singapura atau hand-foot disease (HFMD). . Nina menjelaskan, secara umum pengobatan HFMD melibatkan penanganan keluhan korban.

“Virusnya ada empat dan sayangnya belum ada antivirus spesifiknya. Jadi tidak perlu obat antivirus. Antibiotik juga tidak berpengaruh,” kata Nina dalam diskusi online ‘Menggali Mitos dan Fakta Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut’. (HFMD)’ dan tata bahasa Pusat Kesehatan Masyarakat, Kamis (28/3/2024).

Misalnya pasien demam, maka dokter akan meresepkan obat demam. Nina mengatakan soal virus, otomatis sistem imun tubuh melawan virus.

Vaksinnya sebenarnya sudah ada, tapi masih diteliti. Kita masih menunggu pemerintah mengambil kebijakan atau tidak karena penyakitnya masih banyak, kata Nina.

Nina juga mengatakan, jika sudah terkena HFMD, masih ada kemungkinan seseorang akan mengalami penyakit tersebut kembali. “Karena virus ini menular dan tidak hanya terjadi pada anak-anak,” ujarnya.

Nina mengatakan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal terpenting untuk mencegah penyebaran virus HFMD.

Seseorang yang mengalami HFMD disarankan untuk mandi agar tubuhnya tetap bersih. Krim pelembab juga bisa diberikan untuk menjaga kelembapan kulit.

Kalau masih bayi, teruslah menyusui, dan waspadai tanda bahayanya. Mandi selalu. Untuk benjolan bisa pakai pelembap. Kalau ada bekasnya, biasanya hilang dengan sendirinya karena kulitnya berubah, kata Nina.

Seseorang yang mengalami HFMD biasanya sembuh dalam waktu 7 hingga 10 hari. Namun jika Anda mengalami rasa gatal yang parah, biasanya akan hilang dalam 12 hingga 14 hari.

Nina mengingatkan, bedak tabur sudah tidak disarankan lagi untuk mengatasi ruam. Mandi atau menggunakan krim merupakan cara terbaik untuk mengatasi ruam akibat HFMD.

Nina menyarankan untuk tidak menghilangkan ruam secara paksa dan akan sembuh dengan sendirinya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Raffi Ahmad Nyoblos Pakai Outfit Putih Bukan Biru: Kan Buat Nyoblos Doang
Next post Fakta Perceraian Ricardo Kaka, yang Dianggap Terlalu Baik oleh Istrinya