Inspeksi PLTU Paiton, Dirut PLN: Siap Pasok Listrik untuk Idulfitri

Read Time:1 Minute, 18 Second

JAKARTA – General Manager PT PLN (Persero) Dharmawan Prasudjo melakukan sidak di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pyton di Kabupaten Probolingo, Jawa Timur untuk memastikan keandalan pasokan listrik dari pembangkit yang menyuplai 17% wilayah Jawa – Madura-Bali (Jamali ) sistem listrik.

“Saya ingin mengecek langsung kondisi operasional PLTU Paiton, salah satu pilar ketenagalistrikan di Jawa, Madura, dan Bali, dan setelah dicek semuanya, genset dalam keadaan aman dan baik sehingga siap mengalirkan listrik. masyarakat,” kata Dharmavan dalam keterangan resmi, Sabtu. (6/4/2024).

Dengan kapasitas 4,7 Giga Watt (GW), PLTU Paiton menyediakan sekitar 60% kebutuhan listrik di Jawa Timur. Sedangkan untuk Jamal Power System, generator ini menyediakan 17% kebutuhan listrik. Saat Idul Fitri, kapasitas beban puncak sistem Jamal mencapai 21.000 MW, dan kapasitas suplai (DMP) mencapai 35.000 MW.

“Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan saat lebaran, sehingga keandalan pasokan listrik PLTU Payton saat lebaran sangat penting,” ujarnya.

PLTU Paiton terdiri dari 8 genset, dimana 3 genset berkapasitas 1460 MW dikelola oleh anak usaha PLN Nusantara Power. Sedangkan sisanya dijalankan oleh Independent Power Producers (IPP). Dharmawan menjelaskan, meski beberapa unit PLTU Paiton sudah beroperasi cukup lama, namun seluruh unit masih mampu beroperasi dengan kapasitas penuh.

Selain kesiapan genset, Dharmawan mengatakan pasokan listrik primer juga aman. Dia memastikan PLTU Paiton memiliki pasokan batubara rata-rata lebih dari 20 Hari Operasional (HOP).

Dharmavan juga mengatakan pasokan aman telah terjamin untuk menggantikan sebagian batu bara yang digunakan di PLTU Paiton. PLTU Paiton merupakan pionir program co-firing yang menggantikan 5% batu bara dengan serbuk kayu sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Segini Harga Interkom Branded Termurah di Pameran IIMS 2024
Next post Seperti Thariq Halilintar yang Punya Cara Unik Lamar Aaliyah Massaid, Ini 6 Zodiak yang Punya Ide Antimainstream