Minum Teh atau Kopi Selama Bulan Puasa, Boleh Saja Asal Dibatasi

Read Time:1 Minute, 40 Second

gospelangolano.com, Puasa dengan teh Batavia sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita. Dan ternyata saya baik-baik saja asalkan saya minum teh maksimal satu gelas sehari. 

Lalu bagaimana dengan kopi? Ternyata enak, tapi secangkir sehari selama bulan puasa.

“Konsumsi teh dan kopi sebaiknya dalam jumlah sedang, misalnya sehari hanya satu gelas teh dan satu cangkir kopi, selebihnya dianjurkan minum air putih,” kata ahli gizi RS Sipto Mangunkusumo Kenkana Fitri Hudayani SST, M. Gz. .

Minum teh dinilai aman bagi lambung dan sebaiknya dijadikan waktu berbuka bagi penderita asam lambung. Berbeda dengan kopi yang memiliki medan asam sehingga dapat mengiritasi lambung sensitif, disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan perut kenyang.

Teh sangat aman bagi penderita penyakit lambung, sebaliknya kopi memiliki tingkat keasaman yang membuat iritasi bagi penderita lambung sensitif, kata Fitri mengutip Antara.

Konsumsi teh dan kopi juga menghindari konsumsi gula berlebihan, karena minuman berkafein ini seringkali mengandung tambahan gula atau susu, atau susu utuh atau krim atau rendah lemak.

Dia menyarankan untuk menjaga asupan gula dan garam tetap sama pada hari-hari menjelang puasa. Ini melindungi tubuh dari diabetes dan hipertensi.

Seperti yang telah disebutkan di bulan Fitri di atas, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air putih selama bulan puasa. Disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari puasa berkepanjangan.

Dianjurkan untuk rutin minum air putih antara puasa dan sahur. Membantu tubuh mengatasi dehidrasi, rasio air yang baik dalam tubuh saat berpuasa. Minum air putih secara rutin mampu mengurangi rasa haus saat berpuasa.

Kehadiran air dalam tubuh membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk jantung dan otak, serta nutrisi.

SPGK Dr Diana Sunardi M. Giji pernah mengatakan, jika kekurangan air akan berdampak pada organ tubuh.

Selain menjaga asupan gula dan garam, Fitri juga menyarankan Anda untuk rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi agar pencernaan tetap sehat selama berpuasa.

“Makan yang cukup untuk mencegah penyakit seperti diabetes dan hipertensi. Jangan lupa cukupi serat dari buah dan sayur untuk menjaga kesehatan pencernaan selama puasa agar perut terasa nyaman,” saran Fitri.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hasil Positif Jerman Berlanjut, Petik Kemenangan Comeback Atas Belanda
Next post Berlindung dari Gelombang Ransomware