Inklusivitas Dunia Kerja: Boga Group Buka Lowongan Kerja untuk Lansia, Starbucks Gaet Karyawan Tuli

Read Time:2 Minute, 18 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Perusahaan makanan dan minuman ternama Boga Group baru-baru ini meluncurkan inisiatif menarik dengan membuka lapangan kerja khusus bagi para lansia.

Melalui program ini, para senior berkesempatan untuk berkarir sebagai pramusaji di beberapa restoran dan kafe Boga Group, antara lain Putu Maid, Paper Lunch, Bakerzin, Kimukatsu, dan Let’s Paradise Dynasty.

Berdasarkan informasi yang dibagikan di akun Instagram perseroan, karyawan angkatan pertama akan dipekerjakan di Senayan Park dan Pondok Indah Mall di Jakarta.

Di tengah laju perkembangan industri, dunia kerja di Indonesia terus mengalami perubahan. Sebelum Boga Group, Starbucks Indonesia merupakan perusahaan besar pertama yang memperhatikan segmen karyawan yang tidak biasa untuk memperkaya keberagaman tenaga kerjanya.

Starbucks Indonesia telah membuka kesempatan kerja bagi karyawan penyandang disabilitas pendengaran dan tuna rungu.

Langkah ini bukan hanya soal inklusi, namun juga komitmen Starbucks untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah dan menyenangkan bagi semua orang.

Pada bulan Desember 2022, Starbucks membuka toko bahasa isyarat pertamanya di Indonesia, Starbucks Community Store di Tata Puri, Jakarta Pusat, dekat Stasiun Sudirman.

Fokus outlet ini adalah inklusi dengan barista tuna rungu dan penutur bahasa isyarat. Ruang komunitas di toko memungkinkan interaksi dan dukungan antar orang.

Dikutip dari saluran gaya hidup gospelangolano.com pada Selasa, 23 April 2024. Barista tunarungu mengenakan celemek hijau berlogo Starbucks dalam bahasa isyarat, sedangkan karyawan lainnya memakai pin bertuliskan “Saya tanda tangan”.

Pelanggan dapat memesan menggunakan tablet tulis, dan komunitas mendukung Gerakatin dan Pusbisindo dalam memperluas pemahaman mereka tentang bahasa isyarat.

BOGA GROUP telah menetapkan persyaratan penerimaan yang harus dipenuhi oleh calon karyawan lanjut usia sebelum pendaftaran. Berikut persyaratannya: Kualifikasi: Usia 60 tahun ke atas, tinggi dan berat badan sesuai, kemampuan komunikasi yang baik, pendidikan minimal SMA/SMAK. Tugas dan Tanggung Jawab: Menerima pesanan, menyajikan makanan, membersihkan area meja setelah digunakan.

Dengan menetapkan persyaratan ini, BOGA GROUP bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan senior yang dipekerjakannya memiliki keterampilan dan kualifikasi yang sesuai untuk melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik.

Di tengah mewahnya kafe dan kedai kopi di Jakarta, semakin banyak tempat yang mempromosikan konsep inklusi dengan mempekerjakan penyandang disabilitas, termasuk penyandang tunarungu.

Contohnya saat ini adalah Sunyi Coffee yang didirikan oleh Mario Gultom.

Toko ini terkenal tidak hanya karena kopi berkualitas tinggi dan suasananya yang nyaman, tetapi juga komitmennya dalam memberikan peluang karir bagi penyandang disabilitas.

Suni Coffee memiliki beberapa cabang antara lain Alam Sutera, Bekasi, Yogyakarta dan yang terbaru Barito, Jakarta Selatan.

Dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang mendukung aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, seperti: B. Landai dan penutup lantai taktil.

Selain Suni Coffee, ada juga Defabis Coffee & Tea, kios kecil di Terowongan Kendall, Jakarta Pusat.

Tujuan dari tempat ini adalah untuk memberdayakan teman-teman penyandang disabilitas dengan memberikan mereka pelatihan dan peluang usaha.

Di sini pelanggan berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, dan juga terdapat gambar navigasi yang memudahkan komunikasi antara karyawan dan konsumen.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Amalan Ringan Berpahala Besar di Bulan Suci Ramadhan
Next post Rahasia Nikmat Ayam Pop RM Padang ala Chef Devina: Resep Istimewa untuk Lebaran yang Berkesan