Cerita Sukses Ibu Rumah Tangga Asal Malang yang ‘Memancing’ Cuan di Lazada

Read Time:2 Minute, 51 Second

gospelangolano.com, Jakarta Banyak yang menilai pria merupakan sosok yang tepat untuk menjalankan bisnis di bidang olahraga dan outdoor. Namun siapa sangka ibu rumah tangga asal Malang, Wanda Monica, ternyata sukses mengembangkan bisnis yang didominasi laki-laki? 

Ya, Wanda membuktikan bahwa wanita sepertinya bisa mendapatkan uang hingga sukses berbisnis. Kesuksesannya terbukti ketika Wanda memutuskan untuk membuka toko perlengkapan memancing dan olah raga di platform e-commerce Lazada sembari menghidupi keluarganya di tengah kesibukannya. Output, Keuntungan dan Kesuksesan. 

Maka bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, Lazada mempertemukan enam penjual wanita dari Asia Tenggara untuk berbagi kisah sukses bisnis mereka sebagai penjual wanita inspiratif di platformnya. 

Pemilik Mancing_stellaproducts, Wanda Monica, merupakan seorang sales representatif wanita asal Indonesia yang bercerita tentang perjuangannya mencapai mimpinya. Festival ini juga menjadi salah satu cara untuk mengajak perempuan Indonesia lainnya untuk mengejar impian berwirausaha mereka.

Chief Business Officer Lazada Indonesia Stefan Uinata mengatakan Hari Perempuan Internasional merupakan momen bagi Lazada untuk menunjukkan bahwa di balik kekuatan platform e-commerce terdapat banyak penjual perempuan yang kuat dan bekerja untuk pelanggan. Meskipun mereka seringkali mempunyai peran dan tanggung jawab ganda, para penjual wanita di Lazada menunjukkan antusiasme dan tekad untuk sukses.

“Sebagai platform e-commerce yang inklusif, kami selalu mendorong perempuan Indonesia untuk berani mendobrak semua stereotip kewirausahaan dan industri bisnis yang sebenarnya bisa dilakukan oleh perempuan,” ujarnya.

Perjalanan profesional Wanda di bidang e-commerce bisa jadi serupa dengan perjalanan profesional wanita pemasar lainnya dalam kesibukan ibu rumah tangga. Mau tidak mau, sebagai seorang ibu rumah tangga, Wanda harus membagi waktunya antara urusan keluarga dan berwirausaha.

Wanda mengaku belum punya pengalaman berwirausaha. Namun, ia pasti akan memulai perjalanan bisnisnya dengan berjualan tas di Lazada pada tahun 2018. 

“Awalnya saya berbisnis online hanya sekedar hobi. Namun ternyata semakin banyak pelanggan yang datang ke toko saya. Akhirnya saya memutuskan untuk mencurahkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk fokus mengembangkan bisnis saya,” kata Wanda. 

Pada akhir tahun 2019, perubahan peraturan impor berdampak pada bisnisnya sehingga memaksa Wanda melakukan perubahan besar pada bisnisnya. Wanda beralih berjualan peralatan memancing karena melihat keinginan pasar terhadap kegiatan memancing dan aktivitas luar ruangan yang terus meningkat hingga berakhirnya pandemi. 

Meski awalnya belum memiliki pengetahuan mendalam tentang peralatan memancing, Wanda tak henti-hentinya mempelajari kebutuhan dan keinginan pelanggan barunya. Berbekal pengalaman berbisnis di Lazada, serta berbagai pelatihan online dan offline yang ia jalani bersama komunitas penjual, Wanda mampu meraih kesuksesan luar biasa di kategori olah raga dan outdoor.

Tak disangka, strategi perubahan industri ini memaksa Wanda “memancing” kesuksesan bisnisnya. Selain meningkatkan pendapatan keluarga, Wanda juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Sebagai ketua atau pemimpin komunitas penjual Lazada Club di Malang, ia juga aktif mendorong penjual lain, khususnya perempuan, untuk memulai dan mensukseskan bisnis online mereka.

Wanda berharap dapat terus mengembangkan bisnis di kategori olah raga dan outdoor. Ia juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lain yang ingin memulai bisnis online sendiri. Lalu apa kunci suksesnya? Wanda ternyata berani terus berinovasi dan memanfaatkan peluang secepat mungkin di saat kebanyakan orang tidak melihatnya datang. 

Meski banyak tantangan, saya tetap semangat. Dari berjualan tas lalu beralih ke alat pancing di Lazada, saya menyadari bahwa kegigihan bisa membuahkan hasil. Mimpi jadi nyata, saya harap orang lain bisa terinspirasi untuk menghadapi tantangan dan mengejar mimpinya dengan tekad,” kata Wanda. 

Nah buat kamu yang ingin mengetahui kisah inspiratif para sales wanita Asia Tenggara lainnya, langsung saja kunjungi LazBeat. Jika Anda ingin melihat toko Vanda kunjungi tautan ini. 

 

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 6 Jenis Berkas Dokumen yang Wajib Disiapkan untuk Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan
Next post 120 Kata-kata Islami tentang Kehidupan, Berisi Nilai-nilai Luhur Agama