Belum Dibangun, Desain Stasiun Kereta Api Cepat di China Diledek Mirip Pembalut Wanita

Read Time:3 Minute, 11 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Stasiun kereta berkecepatan tinggi yang baru diluncurkan di China menuai kontroversi di dunia maya karena desainnya yang menarik perhatian. Laporan CNN, Rabu 24 April 2024 Bukannya memuji, netizen malah mengejek desain stasiun kereta berkecepatan tinggi di Nanjing, China.

Menurut laporan media pemerintah Tiongkok, pembangunan Stasiun Kereta Api Utara Nanjing akan dimulai pada paruh pertama tahun ini. Berdasarkan laporan, para pejabat mengatakan desain stasiun kereta ini terinspirasi oleh bunga plum yang mekar di sepanjang Sungai Yangtze.

Nanjing, ibu kota provinsi Jiangsu bagian timur, terkenal dengan bunga plum yang mekar setiap musim semi. Namun respon netizen Tiongkok terhadap desain yang dirilis awal bulan ini jauh dari kata “positif”. Banyak netizen di jejaring sosial Tiongkok, Weibo, percaya bahwa desain tersebut terinspirasi oleh desain pembalut wanita bersayap.

Desain model Stasiun Nanjing Utara terlihat seperti bangsal sanitasi. Desain ini akan membuat orang berpikir. Apakah orang merasa ‘padat’ ketika meninggalkan stasiun? Canda netizen.

“Sayap untuk melindungi Nanjing,” tulis yang lain.

“Ini harusnya membuat ‘zaman sansan’ (kerumunan) makan,” canda netizen lainnya.

Menurut laporan Nanjing Morning News tahun 2017, stasiun kereta ini bernilai sekitar 20 miliar yuan atau sekitar Rp.

Seperti diberitakan BBC, ini bukan proyek pertama di Tiongkok yang menarik perhatian tak terduga. Di masa lalu, kantor pusat Perusahaan Penyiaran Negara atau China Central Television (CCTV) di ibu kota Beijing dikenal luas di Tiongkok sebagai gedung ‘gelombang besar’, karena tampilannya yang unik.

Gedung yang dibangun pada tahun 2004 ini berisi dua gedung tinggi yang saling terhubung di bagian atas. Gedung 51 lantai karya Metropolitan Architecture ini tampak seperti petinju yang terbakar.

Selain menara CCTV, China juga memiliki banyak bangunan aneh lainnya yang tersebar di kota-kotanya, seperti bangunan dengan arsitektur mirip toilet duduk di provinsi Henan. Gedung yang berfungsi sebagai kampus North China University of Hydroelectricity and Electric Power ini memiliki dua bangunan utama, dengan bangunan belakang berbentuk kota dan bangunan depan beralas bulat. Dalam foto udara, bangunan ini terlihat seperti toilet berukuran besar.

Karena di negeri ini banyak terdapat bangunan berarsitektur asing bertirai bambu, sehingga pemerintah terpaksa memberlakukan larangan pembangunan gedung dengan desain asing. Pada bulan Februari 2016, pemerintah pusat Tiongkok mengeluarkan panduan kota yang menuntut penghentian pembangunan gedung-gedung berukuran besar, xenosentris, atau aneh.

Arahannya, arsitektur di daratan Tiongkok harus menganut gaya bangunan yang ekonomis, ramah lingkungan, dan enak dipandang, seperti dilansir Business Insider.

Sejak tahun 2014, Presiden Tiongkok Xi Jinping telah mulai mengembangkan kebijakan untuk memerangi arsitektur ilegal. Xi berpendapat bahwa seni harus “seperti matahari dari langit biru dan angin sepoi-sepoi di musim semi yang akan menginspirasi pikiran, menghangatkan hati, mengembangkan cita rasa, dan menghilangkan kebiasaan kerja yang tidak diinginkan.”

Xi percaya bahwa seni dan arsitektur di Tiongkok harus menarik bagi rata-rata warga Tiongkok, dan hal ini juga harus menjadi tema utama dari semua seni. Ide tersebut bermula dari gagasan mendiang pemimpin Tiongkok Mao Zedong bahwa kelas pekerja di Tiongkok tidak boleh hanya menjadi penonton utama semua karya seni, namun juga harus menjadi cerminan kehidupan mereka sehari-hari.

Jika kita perhatikan tanah padat, sebagian besar bentuknya seperti kubus. Ternyata alasan di baliknya bukan hanya estetika, tapi juga informasi struktural.

Dikutip dari channel Citizen6 Liputan6, alasan mengapa banyak proyek bangunan khususnya perkantoran berbentuk persegi atau kubus adalah karena pembangunannya lebih mudah, cepat dan ekonomis dibandingkan batu, beton, batu bata atau kayu, seperti tertulis di situs Billwarch .

Bentuk persegi dan persegi panjang juga lebih mudah diukur dan seringkali menghasilkan lebih banyak sampah. Ketika desain suatu bangunan lebih kompleks, bentuknya seringkali tidak hanya material dan propertinya lebih banyak, namun juga lebih mahal untuk membangun dan memeliharanya.  

Sudut 90 derajat yang terdapat pada bangunan berbentuk kubus merupakan struktur yang sangat kuat. Rumah kotak juga memberikan rasa aman karena desainnya lebih aman dan ventilasi dapat diatur dengan lebih baik. Hal ini juga membuat aliran udara dan suhu proses lebih terkontrol secara efektif. Padahal, saluran listrik dan pipa air mudah dipasang.  

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 6 Fakta Menarik Masjid Sheikh Lotfollah, Mahakarya Arsitektur Iran yang Dibangun Selama 16 Tahun
Next post 403